Bappeda Provinsi Jawa Timur

Bappeda Provinsi Jawa Timur

Bentuk-bentuk ekonomi kreatif selalu tampil dengan nilai tambah yang khas, menciptakan “pasar”nya sendiri, dan berhasil menyerap tenaga kerja serta pemasukan ekonomis. Departemen Pedagangan Republik Indonesia memanfaatkan momentum ini dengan menyusun Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif 2009 – 2015. Untuk mengembangkan ekonomi kreatif, diperlukan sejumlah SDM yang berkualitas dengan daya inovatif dan kreativitas yang tinggi.

Pengembangan Desa Wisata perlu didukung dengan manajemen atau pengelolaan dengan kelembagaan yang strong, fleksibel dan sederhana serta dinamis. PrinsipEconomically Feasible, menekankan bahwa proses pembangunan harus layak secara ekonomi, dilaksanakan secara efesien untuk dapat memberikan nilai manfaat ekonomi yang berarti baik bagi pembangunan wilayah maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal. Berdasarkan knowledge yang dikeluarkan oleh BPS menunjukan bahwa luas lautan Indonesia 7,9 juta km² atau 81% dari luas keseluruhan, dan luas daratannya 1,9 juta km². Daratan memiliki ratusan gunung dan sungai, hutannya seluas 99,5 juta ha yang terdiri dari 29,7 juta ha hutan lindung dan 29,6 juta ha hutan produksi, serta ratusan bahkan ribuan jenis flora dan faunanya. Unsur-unsur ini merupakan potensi yang dapat dikembangkan bagi kegiatan pariwisata. “Teknologi informasi akan memperkuat akses pemasaran UKM ke seluruh dunia dan juga memungkinkan kerja sama mereka dengan industri lain dalam mendistribusikan produk dan memberikan pelayanan ke pasar global,” ucapnya.

Apakah industri pariwisata berpotensi

Sementara Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan Provinsi Banten memiliki potensi besar menjadi destinasi pariwisata halal. “Kami bertekad Provinsi Banten menjadi 10 besar daerah wisata halal,” katanya. Guntur menuturkan sejak sebelum pandemi, kunjungan wisatawan muslim ke Indonesia baru sekitar tiga juta orang, 20 persen dari jumlah keseluruhan wisatawan. “Kini diharapkan industri pariwisata dapat menjadi penggerak pemulihan ekonomi nasional karena memiliki multiflier effect yang tinggi,” kata Guntur melalui keterangan tertulis. Industri pariwisata yang tidak bergerak berimbas secara besar-besaran pada berbagai sektor pendukungnya. Dengan kegiatan pariwisata yang tidak bergerak, banyak penerbangan dibatalkan serta secara tajam mengurangi perjalanan domestik maupun internasional.

Memang perlu waktu jangka pan­jang untuk membuat industri kreatif memberikan kontri­busi ekonomi yang signifikan. Dika­renakan sum­ber daya manusia perlu dilatih dan diasah bakatnya supaya sema­kin unggul dan me­ngandung kreatifitas bernilai tinggi. Beragam contoh kesenian yang ada di daerah-daerah khu­susnya di objek wisata. Namun kesenian juga bisa berupa tarian, pageant Agen Bola Online, atau acara adat yang sedang berlang­sung.

Bekraf merupakan lembaga non kemen­trian dan dibentuk pada tanggal 20 Januari 2015 melalui Peraturan Pre­siden Republik Indo­nesia No­mor 6 tahun 2015 tentang Badan Ekonomi Kreatif. Kawasan wisata Indonesia cukup beragam sehingga wisatawan dapat memilih sesuai keinginan. Contoh­nya Bali yang menawarkan wisata budaya, Danau Toba dengan kalde­ra­nya, Lombok dengan wisata halal, Candi Borobudur dengan situs seja­rah penganut agama Buddha dan masih banyak lagi jenis wisata di Indonesia. Tawaran jenis wisata yang beragam menjadikan pariwi­sata Indonesia memiliki nilai tam­bah yang tidak mentok pada satu wisata saja.

Comments are closed.