12 Langkah Untuk Memulai Usaha Baru

12 Langkah Untuk Memulai Usaha Baru

Buku karya Michael Gerber ini adalah pembaruan dari buku pertama yang diterbitkan tahun 1986, “The E-Myth”. “E-Myth” adalah singkatan dari “entrepreneurial myth” atau “mitos kewirausahaan,” yang pada intinya menekankan bahwa yang kamu perlukan untuk sukses adalah keahlian dan kerja keras. Sebelum, saat dan setelah memulai bisnis, sangatlah penting untuk memperluas relasi. Selain dapat menguatkan bisnis, banyaknya relasi dapat mempermudah jalannya bisnis. Jangan lupa untuk menjalin koneksi dan kerja sama dengan orang-orang yang sudah sukses lebih dulu.

Tidak perlu ragu untuk bergabung di komunitas pengusaha, milis, atau ikut seminar dan lainnya. Ingat bahwa silaturahim dapat memperpanjang usia dan menambah rezeki. Usia Anda panjang karena mampu belajar dari pengalaman orang banyak, dan rezeki Anda bertambah karena banyaknya akses yang siap membantu Anda. Setelah ketemu ardour, selanjutnya adalah memberikan sentuhan kreativitas di dalamnya.

Kecuali, misal mas dalam kondisi yang lega, dan tidak harus buru-buru ada kebutuhan mendesak lainnya, menurut saya ya hajar saja. Usahakan cari yang bisa dapat uang cepat dulu, bisa jual jasa, atau jualan produk dan membuat toko on-line. Nanti begitu modal sudah terkumpul, baru digunakan untuk mempercepat modal usaha atau beli aset lainnya. Postingnya sangat menarik mas, jujur ini sangat membantu saya dan ke-5 teman saya yang sedang ingin memulai bisnis online. Sebenernya saya sendiri mempunyai ide untuk membuka bisnis seperti ini sudah cukup lama tapi tidak pernah terealisasikan karena buntunya otak saya yang elalu memikirkan harus dari mana saya memulain bisnis ini. Sampai sebulan yang lalu, ketika saya berkumpul dengan teman-teman saya ternyata mereka mempunyai pemikiran yang sama utk membuka bisnis on-line.

Untuk menjadi pengusaha yang terpenting adalah psychological yang berani dan pantang menyerah, juga harus memiliki jiwa kemandirian dan kepemimpinan yang sangat baik. Jika seseorang entrepreneur memiliki psychological pengusaha seperti ini, maka suatu bisnis tidak akan berhenti sampai entrepreneur tersebut berhasil menjadi seorang entrepreneur sukses. Tidak ada salahnya untuk selalu meminta saran dari orang-orang yang pernah berbisnis dan berhasil. Saran-saran itu akan menjadi strategi untuk keberhasilan bisnis baru Anda pula.

Untuk memperluas bisnisnya, ia berani mengambil pinjaman di Bank Niaga sebesar 64 milyar untuk membeli berbagai peralatan untuk menunjang bisnisnya. Ahmad Sahroni dijuluki sebagai Crazy Rich Tanjung Priok sebelumnya ia pernah menjadi supir hingga tukang cuci piring. Ia dikenal sebagai seorang pengusaha sukses di Jakarta dan juga Ketua dari Klub Mobil Mewah Ferrari Indonesia. Berbondong-bondong masyarakat menggunakan maskapainya karena harga tiket yang ditawarkan cukup murah dibanding maskapai lainnya sesuai prinsip Low Cost Carrier dan semboyan perusahaannya We Make People Fly. Selain Kemchicks, ia juga mendirikan Kemfood yang khusus memproduksi daging seperti sosis, nugger, burger dan bakso. Selain bergelut di industri pangan, Bob Sadino juga membuka bisnis properti dengan mendirikan Mansion at Kemang, sebuah pusat perkantoran, apartemen, serta pusat perbelanjaan di wilayah Kemang.

Pengalaman untuk memulai sebuah bisnis

Selain itu, motivasi untuk belajar hal baru juga cenderung menurun saat merasa sudah nyaman dan aman dengan standing karyawan. Sekecil apa pun kontribusi Anda, atau sepedih apapun jalan yang harus Anda lalui, ini adalah mimpi Anda. Anda sudah lama berharap mempunyai kesempatan untuk mencapainya. Pernah mendengar istilah bahwa menjadi bawahan berarti Anda bekerja untuk membangun mimpi orang lain? Apapun yang membuat Anda ragu untuk memulai usaha, singkirkan lah sekarang juga.

Semua orang tetap membutuhkan pelatihan sebagai modal dasar untuk mengembangkan usahanya. Berbagai komunitas dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan berkumpul dan mendapatkan informasi yang semakin hari semakin kaya ini. Terlebih dengan berkembangnya teknologi kini komunitas bisa kita jumpai melalui media on-line. Lihat saja sudah berapa ratus atau ribu komunitas yang dibentuk di media on-line, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Komunitas bisnis dalam jangka panjang akan mendorong kemajuan usaha Anda, sehingga akan berdampak pada peningkatan omzet perusahaan. Melalui blog ini kami ingin memberikan ideas jitu untuk mengembangkan keuangan pribadi dan bisnismu.

Berbisnis dapat dilakukan oleh semua orang tanpa ada batasan apapun. Bisnis dapat dilakukan dengan cara menjual produk atau membuka jasa. Seperti sekarang ini, bisnis menjadi semakin berkembang di kalangan masyarakat seperti adanya bisnis on-line. Pada awal-awal Anda menjalankan bisnis, alangkah baiknya jika Anda kerjakan sendiri dulu.

Dengan menentukan model yang tepat, bisnis yang Anda bangun akan memiliki tujuan yang jelas. Anda jadi tahu siapa saja konsumen yang menjadi goal pasar Anda dan bagaimana business course of harus dilakukan. Ada yang bilang silaturahmi, silaturahim, atau koneksi alias jaringan. Yap, jika Anda ingin memulai bisnis baru, pastikan untuk selalu berani menambah kenalan baru terutama mereka yang memiliki bisnis yang sama dengan Anda. Anda bisa saling bertukar pengalaman, menghindari kesalahan yang sama, mendapatkan tips Slot Deposit Pulsa untuk mengakselerasi perkembangan bisnis Anda, dan lain sebagainya.

Jika anda ingin memiliki hubungan yang sehat dengan orang tersebut, anda tentu saja tidak ingin tampak seperti anda memiliki semuanya sementara mereka tidak. Yakinkan mereka bahwa mereka dapat melampaui masalah dan keterbatasan mereka, sehingga mereka akan berharap menjadikan anda sebagai teman yang enak untuk diajak bicara. Ajukan pertanyaan tentang minat mereka – jenis pertanyaan terbuka akan membuat mereka berbicara tentang minat dan kehidupan mereka. Galilah sedetail mungkin sehingga akan membantu mereka memperoleh perspektif baru tentang diri mereka sendiri dan tujuan hidup mereka.

Comments are closed.